RSS

Aktuator

10 Nov

Aktuator merupakan komponen yang mengubah besaran listrik analog menjadi besaran lain, misalnya kecepatan putaran. Atau dengan kata lain Aktuator merupakan perangkat elektromekanis yang mengubah listrik menjadi gerak.

Sebuah aktuator akan melakukan suatu fungsi jika mendapat perintah dari kontroller. Misalnya pada sebuah mesin stamping, lengan stamp akan bergerak turun jika kontroller telah memberikan perintah untuk bergerak. Ketika kontroller memberikan perintah, maka akan direspon aktuator sehingga proses stamping dapat berlangsung.

Fungsi utama dari sebuah aktuator adalah menghasilkan gerakan baik gerakan linear, maupun gerakan non linear.

Aktuator dapat dibedakan berdasarkan tenaga penggeraknya antara lain:

  1. Aktuator tenaga Elektris
    yaitu jenis aktuator yang penggeraknya adalah sistem Elektrik/ menggunakan tenaga listrik. Beberapa komponen diantaranya adalah Solenoid, Motor DC,dll. Aktuator jenis ini menjadi pilihan karena implementasinya relatif mudah. Namun hanya untuk tenaga menengah kebawah.
  2. Aktuator tenaga Hidrolik
    yaitu jenis aktuator yang penggeraknya adalah Hidrolik/cairan. Aktuator ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan Torsi dan tenaga yang besar. Contohnya adalah Silinder hidrolik.
  3. Aktuator tenaga Pneumatik
    yaitu jenis aktuator yang penggeraknya adalah sistem pneumatik. Sistem pneumatik merupakan sistem kontrol yang penggeraknya berasal dari udara yang dimampatkan. Juga menghasilkan tenaga gerak yang besar. Namun memiliki kelemahan dalam hal implementasi dan konstruksi karena membutuhkan komponen yang besar dan mahal..
  4. Aktuator Jenis lain
    Seperti UltraSound, Piezoelectric, Magnetik, dll.

 

 
Leave a comment

Posted by on November 10, 2011 in Uncategorized

 

Leave a comment